log di putty :
Jul 29 08:28:01 s5 sm-acceptingconnections[20517]: o6T1S17H020517: ruleset=check_rcpt, arg1=, relay=mx1.telkom.net.id [203.130.196.18], reject=553 5.2.2 ...
email bouncing :
From: "Mail Delivery System"
To:
Sent: Saturday, January 30, 2010 7:36 AM
Subject: Mail delivery failed: returning message to sender
> This message was created automatically by mail delivery software.
>
> A message that you sent could not be delivered to one or more of its
> recipients. This is a permanent error. The following address(es) failed:
>
> helpdesk@finnet-indonesia.com
> SMTP error from remote mail server after RCPT
> TO:
> host 203.130.196.225 [203.130.196.225]: 553 5.2.2
>
> ------ This is a copy of the message, including all the headers. ------
=====================================================================
Penyebab gangguan : over disk quota ( bisa over disk quota secara domain maupun secara account).
a. Over disk quota secara domain (apabila over disk quota secara domain, semua account email pada domain tersebut tidak akan bisa kirim, terima dan tarik email) :
Pengecekan :
- Cek di admin : quota yang available = 0 (nol) atau - (minus)
- Solusi :
* perbesaran quota untuk sementara oleh Team IDC
* Cek email antriannya di admin : apabila email antriannya besar ( > 20 MB dan sudah bouncing) maka email antrian tersebut dihapus.
* Sarankan pelanggan untuk memaintenance account-account yang menggunakan quota di webmail besar, dengan cara : menarik email-emailnya menggunakan mail client (outlook) atau menghapus email-email yang sudah tidak digunakan lagi di webmail (baik di inbox, draft, sent maupun trash).
b. Over disk quota secara account (biasanya hanya account tersebut yang gangguan)
- Cek di admin : quota yang available masih besar/banyak.
- Cek settingan disk quota untuk account yang bermasalah, email antrian untuk account tersebut dan quota di webmail yang sudah digunakan account tersebut.
- Solusi :
* apabila settingan disk quotanya kecil, quota di webmail besar / email antrian/email yang dikirim account tersebut besar maka solusinya perbesar settingan disk quota untuk account tersebut menjadi lebih besar atau disetting 0 (unlimited quota).
2. INBOX pelanggan penuh
- log di putty dan email bouncing :
Jul 29 13:38:06 svrs1 sendmail[7409]: o6T1qtgx016100: to=
- Penyebab gangguan :
Settingan disk quota di admin kecil, sedangkan email antriannya/email yang dikirim besar dan quota webmail yang digunakan pelanggan besar, sehingga quota untuk account tersebut yang available sedikit.
Exp : settingan disk quota di admin 5 MB, quota webmail yang sudah digunakan 3 MB sehingga quota yang masih available (memungkinkan pelanggan untuk kirim dan terima email) hanya 2 MB. Sedangkan ada user yang mengirimkan email > 2 MB maka email tersebut akan mengantri dan akan masuk ke webmail pelanggan sampai quotanya terpenuhi. Settingan disk quota harus lebih besar dari quota webmail yang sudah digunakan + email antrian/email yang akan dikirimkan.
- SOLUSI :
Dilakukan perubahan settingan disk quota account tersebut di admin menjadi lebih besar atau menjadi 0 (nol/unlimited quota).
3.
Biasanya muncul pada saat mengakses webmail. Ini disebabkan quota email penuh.
SOLUSI : dilakukan pembesaran quota sementara, setelah itu hapus email yg ada di inbox webmailnya.
4.
log di putty :
May 4 11:33:48 g6 sm-acceptingconnections[22534]: o444Xjh4022534: from=<
May 5 09:02:24 s5 sm-acceptingconnections[12575]: o4522O7b012575: ruleset=check_rcpt, arg1=
May 5 09:02:24 s5 sm-acceptingconnections[12575]: o4522O7b012575: from=
- error di pelanggan :
Your message did not reach some or all of the intended recipients.
Subject: test
Sent: 7/12/2010 9:14 AM
The following recipient(s) cannot be reached:
'edwinnurdwiyoso@yahoo.com' on 7/12/2010 9:14 AM
550 5.7.1 <edwinnurdwiyoso@yahoo.com>...
- Penyebab gangguan : Pelanggan belum melakukan setting authentikasi.
- SOLUSI :
Sarankan pelanggan untuk melakukan setting authentikasi dengan cara :
men checklist My server requires authentication dan menchecklist/mencentang Use same settings as my incoming mail server dan coba kirim email kembali.
Panduan settingan dapat dilihat di http://doc.telkomhosting.com/mail/
=====================================================================
5. Session pop3 mengantung ( Error opening or locking INBOX user=aswan_m7@pt-smi.co.id host=[114.124.215.88] )
log di putty / error di pelanggan :
Jul 29 14:02:41 s5 ipop3d[1580]: Error opening or locking INBOX user=aswan_m7@pt-smi.co.id host=[114.124.215.88]
Penyebab gangguan : koneksi internet yang kurang/tidak stabil, webmail dan mail client (outlook) dibuka secara bersamaan.
SOLUSI : hapus session pop3 yang menggantung dan sarankan pelanggan untuk tidak membuka webmail dan mail client (outlook)secara bersamaan.
=====================================================================
6. 451-Could not complete sender verify callout
Sender verify failed (in reply to RCPT TO command)
log di putty :
2010-07-07 11:35:32 H=(HENDRO) [61.5.89.184] F=
- Penyebab gangguan : Mail server si pengirim tidak support null-sender
- SOLUSI : dilakukan whitelist / bypass oleh rekan Team IDC
=====================================================================
7.
Log di putty :
2010-07-20 15:49:52 H=(weitai.cn) [211.23.97.228] F=
Penyebab/Analisa : IP mail server pengirim masuk dalam spamlist, sehingga direject oleh server Telkom
SOLUSI : Sarankan pelanggan kontak ke pihak user pengirim (weitai.cn) untuk membersihkan/delisting IP nya. Pihak weitei.cn bisa menghubungi provider internetnya untuk proses pembersihan/delisting tersebut.
=====================================================================
8.
Analisa :
SOLUSI : Sarankan pelanggan untuk mengirimkan email setelah satu jam berikutnya
=====================================================================
9.
Analisa/Penyebab : IP sender ataupun recipients masuk dalam spamlist.
SOLUSI : Hubungi ISP masing-masing untuk proses delisting IP dari spamlist
=====================================================================
10.
Log di putty :
Analisa/Penyebab : email yang dikirimkan pelanggan terlalu besar (lebih dari 20 MB)
SOLUSI : Infokan ke pelanggan bahwa maksimum besar email + attachment adalah 20 MB
=====================================================================
11. Too many recipients
Log di putty :
Analisa/Penyebab : pelanggan gagal kirim email karena user tujuannya melebihi jumlah yang telah ditentukan (30 recipients).
SOLUSI : Infokan ke pelanggan bahwa jumlah maksimum recipients adalah 30.
=====================================================================
12.
Error di pelanggan :
From: "Mail Delivery System"
Date: Thu, April 15, 2010 1:41 pm
To: an@gdt.co.id
--------------------------------------------------------------------------
This message was created automatically by mail delivery software.
A message that you sent could not be delivered to one or more of its
recipients. This is a permanent error. The following address(es) failed:
yayad@astratel.co.id
SMTP error from remote mail server after RCPT TO:
host email.astratel.co.id [202.158.16.67]: 554 5.7.1 Service unavailable; Client host [203.130.196.22] blocked using psbl.surriel.com; Listed in PSBL, see http://psbl.surriel.com/listing?ip=203.130.196.22
Analisa/Penyebab : IP 203.130.196.22 (Milik Telkom) masuk spamlist
SOLUSI : dilakukan delisting IP 203.130.196.22 oleh Team IDC.
=====================================================================
13. 2010-10-13 08:29:52 H=(pt8910f6676bf3) [110.137.57.186] F=
2010-10-13 08:38:07 H=(pt8910f6676bf3) [110.137.57.186] F=
Penyebab gangguan : Pelanggan menggunakan smtp.telkom.net.id dan belum direlay.
Solusi : Sarankan pelanggan untuk menggunakan smtp.telkom.net (hosting pelanggan di luar Telkom) dan menggunakan smtp.namadomain (pelanggan hosting).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar