Jumat, 30 Juli 2010
LINK KERJAAN
http://t3-online.telkom.co.id/default.php
2. Pengecekan IVAS/Speedy Prepaid
- Portal Infranet
https://192.168.10.81/webkit_en/htmlui_en/index.html
- Storage Management
http://192.168.10.9:8212/storage_mgmt/default.aspx
3. HOT SPOT
- CMS TELKOM HOT SPOT
https://welcome.telkomhotspot.info/telkomhs/admin/login.php
- DASHBOARD TELKOM HOTSPOT
http://10.11.12.28/dashboard/index.php?divre=2&js=1
4. PROTECTOR
Admin Protector :
http://protectorapp.telkomspeedy.com/back/index_plasa.php
5. VENTUS
Admin Ventus :
http://easy.ventusmobile.com/admin
6.
Kamis, 29 Juli 2010
Rabu, 28 Juli 2010
[ MAILHOSTING ] Error Codes (dari log putty maupun dari email bouncing)
log di putty :
Jul 29 08:28:01 s5 sm-acceptingconnections[20517]: o6T1S17H020517: ruleset=check_rcpt, arg1=, relay=mx1.telkom.net.id [203.130.196.18], reject=553 5.2.2 ...
email bouncing :
From: "Mail Delivery System"
To:
Sent: Saturday, January 30, 2010 7:36 AM
Subject: Mail delivery failed: returning message to sender
> This message was created automatically by mail delivery software.
>
> A message that you sent could not be delivered to one or more of its
> recipients. This is a permanent error. The following address(es) failed:
>
> helpdesk@finnet-indonesia.com
> SMTP error from remote mail server after RCPT
> TO:
> host 203.130.196.225 [203.130.196.225]: 553 5.2.2
>
> ------ This is a copy of the message, including all the headers. ------
=====================================================================
Penyebab gangguan : over disk quota ( bisa over disk quota secara domain maupun secara account).
a. Over disk quota secara domain (apabila over disk quota secara domain, semua account email pada domain tersebut tidak akan bisa kirim, terima dan tarik email) :
Pengecekan :
- Cek di admin : quota yang available = 0 (nol) atau - (minus)
- Solusi :
* perbesaran quota untuk sementara oleh Team IDC
* Cek email antriannya di admin : apabila email antriannya besar ( > 20 MB dan sudah bouncing) maka email antrian tersebut dihapus.
* Sarankan pelanggan untuk memaintenance account-account yang menggunakan quota di webmail besar, dengan cara : menarik email-emailnya menggunakan mail client (outlook) atau menghapus email-email yang sudah tidak digunakan lagi di webmail (baik di inbox, draft, sent maupun trash).
b. Over disk quota secara account (biasanya hanya account tersebut yang gangguan)
- Cek di admin : quota yang available masih besar/banyak.
- Cek settingan disk quota untuk account yang bermasalah, email antrian untuk account tersebut dan quota di webmail yang sudah digunakan account tersebut.
- Solusi :
* apabila settingan disk quotanya kecil, quota di webmail besar / email antrian/email yang dikirim account tersebut besar maka solusinya perbesar settingan disk quota untuk account tersebut menjadi lebih besar atau disetting 0 (unlimited quota).
2. INBOX pelanggan penuh
- log di putty dan email bouncing :
Jul 29 13:38:06 svrs1 sendmail[7409]: o6T1qtgx016100: to=
- Penyebab gangguan :
Settingan disk quota di admin kecil, sedangkan email antriannya/email yang dikirim besar dan quota webmail yang digunakan pelanggan besar, sehingga quota untuk account tersebut yang available sedikit.
Exp : settingan disk quota di admin 5 MB, quota webmail yang sudah digunakan 3 MB sehingga quota yang masih available (memungkinkan pelanggan untuk kirim dan terima email) hanya 2 MB. Sedangkan ada user yang mengirimkan email > 2 MB maka email tersebut akan mengantri dan akan masuk ke webmail pelanggan sampai quotanya terpenuhi. Settingan disk quota harus lebih besar dari quota webmail yang sudah digunakan + email antrian/email yang akan dikirimkan.
- SOLUSI :
Dilakukan perubahan settingan disk quota account tersebut di admin menjadi lebih besar atau menjadi 0 (nol/unlimited quota).
3.
Biasanya muncul pada saat mengakses webmail. Ini disebabkan quota email penuh.
SOLUSI : dilakukan pembesaran quota sementara, setelah itu hapus email yg ada di inbox webmailnya.
4.
log di putty :
May 4 11:33:48 g6 sm-acceptingconnections[22534]: o444Xjh4022534: from=<
May 5 09:02:24 s5 sm-acceptingconnections[12575]: o4522O7b012575: ruleset=check_rcpt, arg1=
May 5 09:02:24 s5 sm-acceptingconnections[12575]: o4522O7b012575: from=
- error di pelanggan :
Your message did not reach some or all of the intended recipients.
Subject: test
Sent: 7/12/2010 9:14 AM
The following recipient(s) cannot be reached:
'edwinnurdwiyoso@yahoo.com' on 7/12/2010 9:14 AM
550 5.7.1 <edwinnurdwiyoso@yahoo.com>...
- Penyebab gangguan : Pelanggan belum melakukan setting authentikasi.
- SOLUSI :
Sarankan pelanggan untuk melakukan setting authentikasi dengan cara :
men checklist My server requires authentication dan menchecklist/mencentang Use same settings as my incoming mail server dan coba kirim email kembali.
Panduan settingan dapat dilihat di http://doc.telkomhosting.com/mail/
=====================================================================
5. Session pop3 mengantung ( Error opening or locking INBOX user=aswan_m7@pt-smi.co.id host=[114.124.215.88] )
log di putty / error di pelanggan :
Jul 29 14:02:41 s5 ipop3d[1580]: Error opening or locking INBOX user=aswan_m7@pt-smi.co.id host=[114.124.215.88]
Penyebab gangguan : koneksi internet yang kurang/tidak stabil, webmail dan mail client (outlook) dibuka secara bersamaan.
SOLUSI : hapus session pop3 yang menggantung dan sarankan pelanggan untuk tidak membuka webmail dan mail client (outlook)secara bersamaan.
=====================================================================
6. 451-Could not complete sender verify callout
Sender verify failed (in reply to RCPT TO command)
log di putty :
2010-07-07 11:35:32 H=(HENDRO) [61.5.89.184] F=
- Penyebab gangguan : Mail server si pengirim tidak support null-sender
- SOLUSI : dilakukan whitelist / bypass oleh rekan Team IDC
=====================================================================
7.
Log di putty :
2010-07-20 15:49:52 H=(weitai.cn) [211.23.97.228] F=
Penyebab/Analisa : IP mail server pengirim masuk dalam spamlist, sehingga direject oleh server Telkom
SOLUSI : Sarankan pelanggan kontak ke pihak user pengirim (weitai.cn) untuk membersihkan/delisting IP nya. Pihak weitei.cn bisa menghubungi provider internetnya untuk proses pembersihan/delisting tersebut.
=====================================================================
8.
Analisa :
SOLUSI : Sarankan pelanggan untuk mengirimkan email setelah satu jam berikutnya
=====================================================================
9.
Analisa/Penyebab : IP sender ataupun recipients masuk dalam spamlist.
SOLUSI : Hubungi ISP masing-masing untuk proses delisting IP dari spamlist
=====================================================================
10.
Log di putty :
Analisa/Penyebab : email yang dikirimkan pelanggan terlalu besar (lebih dari 20 MB)
SOLUSI : Infokan ke pelanggan bahwa maksimum besar email + attachment adalah 20 MB
=====================================================================
11. Too many recipients
Log di putty :
Analisa/Penyebab : pelanggan gagal kirim email karena user tujuannya melebihi jumlah yang telah ditentukan (30 recipients).
SOLUSI : Infokan ke pelanggan bahwa jumlah maksimum recipients adalah 30.
=====================================================================
12.
Error di pelanggan :
From: "Mail Delivery System"
Date: Thu, April 15, 2010 1:41 pm
To: an@gdt.co.id
--------------------------------------------------------------------------
This message was created automatically by mail delivery software.
A message that you sent could not be delivered to one or more of its
recipients. This is a permanent error. The following address(es) failed:
yayad@astratel.co.id
SMTP error from remote mail server after RCPT TO:
host email.astratel.co.id [202.158.16.67]: 554 5.7.1 Service unavailable; Client host [203.130.196.22] blocked using psbl.surriel.com; Listed in PSBL, see http://psbl.surriel.com/listing?ip=203.130.196.22
Analisa/Penyebab : IP 203.130.196.22 (Milik Telkom) masuk spamlist
SOLUSI : dilakukan delisting IP 203.130.196.22 oleh Team IDC.
=====================================================================
13. 2010-10-13 08:29:52 H=(pt8910f6676bf3) [110.137.57.186] F=
2010-10-13 08:38:07 H=(pt8910f6676bf3) [110.137.57.186] F=
Penyebab gangguan : Pelanggan menggunakan smtp.telkom.net.id dan belum direlay.
Solusi : Sarankan pelanggan untuk menggunakan smtp.telkom.net (hosting pelanggan di luar Telkom) dan menggunakan smtp.namadomain (pelanggan hosting).
[ MAILHOSTING ] Rubah Password
Cara Pertama (via admin) :
1. Ketikkan di browser http://namadomain/admin
2. Muncul tampilan seperti dibawah ini. Isikan login dan password admin sesuai yang tertera di Berita Acara Siap Operasi (BASO), kemudian klik login
Setelah masuk control panel muncul system menu. Klik Mailboxes/Users
3. Pilih account yang akan diganti password-nya, pilih edit (gambar pensil kuning)
4. Isikan password baru yang anda inginkan. Klik tombol save untuk menyimpan data.
===================================================================================
Cara Kedua :
1. Ketikkan di browser http://namadomain/user
2. Muncul tampilan seperti dibawah ini. Isikan login (username email pelanggan) dan password sesuai email anda, kemudian klik login
3. Di dalam system menu, klik user information.
Muncul form user information dan klik tombol edit
4. Didalam menu edit user information, isikan password baru yang anda inginkan.
Klik tombol save untuk menyimpan data.
[ MAILHOSTING ] Setting Group Email
Panduan Membuat Group Email
1. Login ke http://namadomain/admin
2. Dibawah menu EMAIL klik ALIASES lalu klik tombol Add An Alias
3. Beri nama di kolom Alias (contoh : sales)
4. Pada kolom Forward To : pilih user-user yang masuk dalam anggota group tersebut
Untuk memilih lebih dari satu user tekan "Ctrl"
5. Setelah selesai menambah user klik tombol Add Alias
6. Selesai, email group bisa digunakan
[ MAILHOSTING ] Create Vacation Message
Silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini :
- Login ke http://namadomainanda/user dengan user dan password sesuai account yg akan membuat fasilitas ini (vacation messages)
- Dibawah User Dashboard klik vacation
3. Lalu klik Edit Configuration
4. Checklist Enable Vacation Message lalu buat message yang akan disampaikan ke pengirim pesan (atau biarkan apa adanya)
5. Klik Update, selesai
[ MAILHOSTING ] Create Email Account
1. Buka url http://namadomain/admin Pastikan “port 19638” tidak diblok, karena digunakan untuk web control panel admin
2. Masukkan username dan password admin sesuai yang tertera di Berita Acara Siap Operasi (BASO)
Setelah masuk control panel muncul system menu. Klik Mailboxes/Users
3. Didalam menu mailboxes/users, klik Add User.
4. Muncul form user information dan klik tombol edit
5. Muncul menu create user, isikan kolom sesuai dengan informasinya
- username : isi alamat email yg akan dibuat (tanpa domainnya)
- fullname : isi nama lengkap pemilik email
- password : isi password
- confirm password : isi ulang password
- disk quota : besar quota email per user (setiap account bisa memiliki quota yg berbeda)
Untuk pelanggan webhosting
- FTP : checklist jika user ini diberikan akses untuk ftp
- CGI : checklist jika user ini diberikan akses untuk cgi
6. Klik tombol add jika semua kolom sudah terisi.
7. Selesai
Untuk menggunakan mail via web silakan masuk ke url http://namadomain/webmail/
IP ADDRESS HOSTING TELKOM
HOSTING
SILVER
4 = 203.130.196.243
5 = 203.130.196.244
10 = 125.160.17.202 "svrs1.telkomhosting.com (Paket Silver) - 500 domains"
us=admin || pass=adminsilver10
GOLD
1 = 203.130.196.220
2 = 203.130.196.221
3 = 203.130.196.222
6 = 203.130.196.225
10 = 125.160.17.201 "svrg1.telkomhosting.com (Paket Gold) - 250domains"
us=admin || pass=admingold10
PLATINUM
1 = 203.130.196.150
10 = 203.130.196.151 "svrp1.telkomhosting.com (Paket Platinum) - 50 domains"
WINDOWS
1 = 203.130.196.30
2 = 203.130.196.40
CGP/DIAMOND 2G (COMUNI GATE PRO)
202.134.0.XXX
203.130.196.126
TELKOMHOSTING (ENSIM) "a.ep10.telkomhosting.com (Paket bundling) - 250 domains"
203.130.196.231
==========================================================
COLOCATION
SLIPI (D-II)
203.130.198.x
203.130.232.x
203.130.233.x
203.130.242.x
KARET TENGSIN (D-II)
202.134.4.x
202.134.5.x
202.134.6.x
202.134.7.x
GUBENG (D-V)
118.98.64.x
118.98.65.x
118.98.66.x
118.98.67.x
BATAM (D-I)
118.98.68.x
118.98.69.x
118.98.70.x
118.98.71.x
==========================================================\
SMTP
SMTP.TELKOM.NET
125.160.6.252
125.160.17.195
SMTP.TELKOM.NET.ID >>> pengecekan log kirim email untuk pelanggan hosting
203.130.196.196
203.130.196.201
MAILGATE >>> pengecekan log terima email untuk pelanggan hosting
202.134.0.147
222.124.18.147
MX >>> pengecekan log terima email untuk pelanggan hosting
203.130.196.197
203.130.196.18
SMARTHOST.SMTP.TELKOM.NET
222.124.18.130
222.124.18.131
222.124.18.132
125.160.6.241
125.160.6.242
125.160.6.243